28 October 2006
Puding Coklat Bolgul


Ceritanya… H-1 Lebaran kemarin aku kirim parcel ke Ci Wawa, bosku di BC. Isinya Bolgul dan KuKer. Trus msh aku simpan jg 1 gulungan bolgul, siapa tau ada tamu mampir ke rumah bisa buat suguhan kan…. Tp nunggu2 tamu jg gak dateng2, maka… taraaa… disulaplah si bolgul ini buat isian Puding Coklat. Lebih nyummi kan…?

Bahan

  • 1 bks agar2 bubuk warna putih
  • 2,5 gelas susu segar
  • 15 gr dark cooking coklat, serut
  • 4 sdm gula
  • 1 sdt vanili

Cara membuat

  • Ambil kira2 2/3 isi agar2
  • Campur dg susu, gula, DCC, didihkan
  • Tambahkan vanili
  • Tuang dlm cetakan puding berlubang tengah
  • Masukkan penahan cetakan puding, tindih dg pemberat
  • Tunggu hg benar2 dingin
  • Sementara itu bikin sisa agar2 dg 1 gelas susu, 2 sdm gula pasir, didihkan
  • Stl puding coklat mengeras, angkat perlahan cetakan tengahnya
  • Masukkan kira2 4 sdm puding putih ke dlm lubang puding coklat
  • Lalu tumpuk dg bolgul, siram lg dg sisa puding putih
  • Tunggu hg benar2 dingin, keluarkan dr cetakan
  • Sajikan dg saus vanila nangka

Saus Vanila

  • 1 gelas susu segar
  • 1 sdm tepung maisena
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 btr kuning telur kocok lepas
  • 1 sdt esen vanila
  • Potongan nangka

Cara membuat

  • Aduk semua bahan hg rata, kecuali kuning telur dan nangka
  • Didihkan sambil diaduk2
  • Ambil 1 saus, campurkan dg kuning telur, aduk rata
  • Tuang kembali dlm saus, didihkan sbl terus diaduk
  • Matikan api, masukkan nangka
  • Sajikan dingin

2 Komentar:

At 3:29 PM, Blogger tie bilang...

pengen banget ih nyoba bikin tapi ga punya cetakannya duh... repot deh...

ngiler nih liatnya..

 
At 3:11 PM, Blogger tie bilang...

mba.. mo laporan cetakannya dah beli tuh, mo nyoba tapi yg warna hijau... nanti yah posting kalo dah siap..

 

Post a Comment

<< Kembali ke depan | Baca ceritaku >>