05 March 2008
Martabak Manis

Sebenarnya bikin martabak manis ini gampang, bahannya-pun sipiill. Tapi dibutuhkan kesabaran ekstra, sabar nungguin adonan yang didiemin paling gak 2 jam-an, plus harus sabar juga mainin api ketika manggang adonan, pake api besar dulu lalu nurunin panasnya satu tingkat ketika adonan mulai berlubang2 secara merata, dan akhirnya dipanggang dengan api kecil hingga si martabak matang.

Hihihiy... jangan kut-takut sama cara bikinnya dulu ya ibu-ibu sekalian, ini demi rasa kangen sama si gembul martabak manis yang kalo di Indo gampang banget ngedapetinnya. Tinggal ngantri aja sama si abang martabak, minta isiannya sesuai dengan selera, wess... puas. Tapi kalo lagi merana jauh dr tanah air tercinta, terus yang jualan martabak gembul ini gak ada pula, kue ini harus bisa ditaklukkan woehehehe :p. Ga pa pa deh latihan berminggu2, trial and error, sampe eneg juga kali orang serumah disuguhin yang ini terus, yang penting sukses tak iye...

Nyokk ah... nyobain juga, sapa tau dapet pujian suami tercinta koekekeke...

Martabak Manis ala Dapur 6100

Bahan A:
  • 400 gr tepung terigu
  • 100 gr tepung self-raising
  • 150 gr gula pasir
  • 4 btr telur (buang putihnya 1 butir telur)
  • 675 cc air
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/4 sdt baking soda
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt vanili
  • 1/2 sdt sepuhan kuning bila dirasa perlu
Bahan B:
  • 1/8 sdt baking soda
  • 1 sdm air
  • campur dan aduk rata kedua bahan diatas
Cara Buatnya:
  • Campur kedua tepung, baking soda, baking powder, ayak rata, sisihkan
  • Kocok telur, gula, hingga gula larut dan tercampur rata, gak perlu sampai mengembang
  • Masukkan air sambil terus dikocok hg benar2 berbusa
  • Tambahkan tepung sedikit demi sedikit, kocok terus kurleb 10 menit
  • Beri vanili, garam, sepuhan kuning, aduk rata
  • Diamkan adonan minimal 2 jam
  • Panaskan wajan martabak/wajan tebal dengan api kecil selama 30 menit
  • Sementara sambil nunggu wajan panas, masukkan bahan B, aduk2 kembali adonan
  • Setelah panasnya merata, olesi wajan dengan margarin, beri sedikit tepung, usapnkan ke seluruh wajan, bersihkan
  • Tuang adonan hg setengah wajan, besarkan api, tunggu hg adonan berlubang2, kecilkan api sedikit
  • Setelah permukaan adonan berlubang semua, kecilkan api lalu tutup wajan
  • Taburi gula pasir stl permukaan martabak setengah kering, tutup kembali, panggang hg matang
  • Angkat martabak dari wajan, olesi martabak dengan margarin, beri isian sesuai selera, tuangi susu kental manis
  • Lipat dua martabak, olesi tiap sisinya dg margarin

6 Komentar:

At 7:02 AM, Blogger Chen bilang...

mau donk, bikin sendiri ngga bisa jadi, jadinya seperti pancake. cantik sekali sarangnya yah.

 
At 9:32 PM, Blogger Elsye bilang...

cakep banget martabaknya..:D, nunggu resep ahhh..:D

 
At 12:58 AM, Blogger Elsye bilang...

tengkkiiyuuuu *D, kapan2 aku coba mbakk :D

 
At 3:18 PM, Blogger Shinta bilang...

Wuih.... martabaknya apik tenan mbak Ming, opo maneh rasane. Puasti enak tenan....!!

 
At 4:00 AM, Blogger fifi bilang...

hi mbak waduh cantik ya martabaknya pingin nyoba deh,tapi kalau gak ada wajan khusus martabak pake wajan teflon bisa nggak ya

 
At 5:04 PM, Blogger Cake Divine bilang...

Thanks for sharing mbak!
looks beautiful & I will try to make this family fabourite cake :)

 

Post a Comment

<< Kembali ke depan | Baca ceritaku >>