07 May 2007
Gulai Cumi

Pinginnya sih bikin Gulai Ayam, tp yang ada di kulkas malah si cumi-cumi. Yo wes… si cumi aja yang digulai :D.

Bahan

  • 500 gr cumi-cumi putih, bersihkan, lumuri perasan jeruk nipis
  • 1 bh tahu, hancurkan
  • 5 siung bw putih
  • 4 bh bw merah
  • 2 bh lombok merah/besar
  • 1 sdm ketumbar
  • ½ sdm merica
  • 4 btr kemiri
  • ¼ sdt jinten
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 btg sereh
  • 4 lbr daun jeruk
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 1 lbr daun kunyit
  • 1 sdm daun bawang
  • 400 ml santan
  • Garam dan gula secukupnya

Cara membuat

  • Bersihkan kembali cumi-cumi, ambil bagian kepalanya, sisihkan
  • Haluskan semua bumbu kecuali sereh, laos, daun jeruk
  • Ambil kurleb 1 sdt bumbu halus, campurkan dg tahu dan daun bawang, aduk rata
  • Masukkan kembali kepala cumi-cumi ke dalam badan cumi-cumi dengan posisi terbalik*tentakelnya yg dimasukkan terlebih dahulu*
  • Lalu masukkan tahu secukupnya, semat dengan tusuk gigi. Lakukan hg habis
  • Kukus cumi-cumi hg masak kurleb 20 menit
  • Tumis bumbu hg harum beri daun jeruk, laos, daun kunyit, dan sereh, aduk rata
  • Masukkan santan, aduk-aduk, tambahkan garam dan gula, cicipi
  • Terakhir masukkan semua cumi-cumi, rebus sebentar hg kuah meresap. Sajikan...

6 Komentar:

At 2:50 AM, Blogger Retno Prihadana bilang...

Waduhh..cuminya mengundang selera, bikin ngilerrr.

 
At 6:40 PM, Blogger Ina bilang...

sip deh...kebetulan di lemari es ada cumi juga, aku contek ya bu...

 
At 11:34 AM, Blogger Mamah 'Little Aras' bilang...

mba' ming, tanya duong, dari dulu gulai cumi model masakan padang ini yang bikin aku puyeng, disini susah daun kunyit. gimana dogn ? klo diilangin rasane piyeee gtuh. apa harus nanam kunyit sendiri yach ?

 
At 7:54 AM, Blogger Fitta Arsista bilang...

mbak aku sdh bikin gulai cuminya,enakkkkkk

 
At 1:27 AM, Blogger r3 bilang...

Mantab..! aku barusan bikin mbak... Kirain gimana gitu kok cuminya bisa bahenol, ternyata setelah dikukus bisa jadi begitu...
Tapi isian tahunya aku tambahkan kuning telur... minus daun kunyit dan daun jeruk.. abisnya lagi gak ada di kulkas. Makasih resepnya ya!

 
At 12:08 AM, Blogger shashakoe bilang...

mbak... aku nyoba resepnya.. mantabb mantabb.. ini laporannya mbak: http://shashakoe.net/?p=182

lam kenal ya mbak miming :D

 

Post a Comment

<< Kembali ke depan | Baca ceritaku >>